Langsung ke konten utama

DIAGRAM - SISTEM KOLAM RENANG






PENJELASAN SISTEM
Secara garis besar, kolam renang digolongkan atas 2 sistem sirkulasi :
  1. Sistem Sirkulasi Overflow, dan
  2. Sistem Sirkulasi Semi overflow
  3. Sistem skimer
dimana keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama – membersihkan permukaan air dari kotoran atau sampah yang mengambang dan tak dapat tenggelam.

1. Sistem Sirkulasi Overflow.

Pada sistem ini air dihisap oleh pompa dari Balancing Tank kemudian dikirim ke kolam dengan melalui proses filtrasi di dalam Filter. Air yang masuk ke dalam kolam melalui Inlet akan meluap – memang dibuat agar meluap – dan tumpah ke dalam Gutter atau saluran yang dibuat sebagai tampungan luapan tersebut. Dan kemudian melalui Gutter Drain, air kembali ke dalam Balancing Tank, dimana selanjutnya akan disedot kembali oleh Pompa Sirkulasi.
Umumnya kolam renang baik Commercial maupun Domestic mempergunakan sistem ini, karena air tidak banyak terbuang ketika terjadi penambahan tinggi air kolam -  baik karena penambahan jumlah pengguna kolam maupun penambahan akibat air hujan – akan tertampung di dalam Balancing Tank.
Penambahan air akibat adanya pengurangan air kolam karena terjadinya penguapan dll, dilakukan di dalam Balancing Tank

2. Sistem Sirkulasi Skimmer
Pada sistem ini proses sirkulasi air kolam tidak memerlukan Balancing Tank, sebab air langsung dihisap oleh Pompa Sirkulasi dari dalam kolam melalui Skimmer, dan dikembalikan lagi ke dalam kolam.
Jika terjadi penambahan tinggi air kolam akibat pengguna kolam atau air hujan, akan langsung dibuang ke saluran buangan. Dan penambahan air jika terjadi pengurangan volume air akibat penguapan dll, dilakukan di dalam kolam.
Sistem ini biasanya dipegunakan untuk proses sirkulasi Jacuzzi atau Whirlpool dan sebagian kolam domestic atau rumahan.
Sistem ini memiliki kekurangan bagi praktisi kolam renang yang dianggap cukup signifikan : yaitu terlalu sering terjadi penambahan air baru pada setiap kolam yang dipergunakan, karena pasti ada air yang terbuang.

PERLENGKAPAN SISTEM KOLAM

1. Pompa Sirkulasi
Pompa ini berfungsi sebagai pompa transfer yang mengirim air yang dihisap dari dalam Balancing Tank (untuk system overflow) atau dari Skimmer (untuk sistem skimmer) ke dalam kolam renang.
Jenis pompa yang biasa dipergunakan antara lain :
a. Pompa Centrifugal
b. Pompa End Suction

2. Filter
Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk melakukan penyaringan atau filtrasi terhadap air yang akan masuk ke dalam kolam. Kotoran-kotoran dalam air akan disaring oleh alat ini, sehingga air yang kembali ke dalam kolam dalam kondisi bersih.
Ada 2 tipe Filter yang dibagi berdasar medianya :

a. Sand Filter
Media fitrasi dari Filter jenis ini adalah Pasir Silica dengan ukuran agregat tertentu sesuai kebutuhan.
b. Cartridge Filter
Media filtrasi dari Filter jenis ini adalah berbentuk spons atau kasa khusus dengan ukuran dan kerapatan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukkannya.

3. Balancing Tank
Equipment ini juga sesuai dengan namanya, berfungsi melakukan penyeimbangan terhadap volume air kolam dan dipergunakan untuk kolam yang menggunakan system sirkulasi Over Flow.
Ketika kolam dipergunakan atau ketika terjadi hujan, air kolam akan meluap dan ditampung oleh Balancing Tank. Dan sebaliknya ketika pengguna kolam keluar dari kolam, atau terjadi penguapan, maka air yang tertampung dalam Balancing Tank tadi akan dikirim kembali ke dalam kolam. Sehingga semaksimal mungkin tidak terdapar air yang terbuang, kecuali jika sudah tak tertampung lagi dalam Balancing Tank.

4. Chemical Feeder
Alat ini berfungsi untuk menambahkan bahan kimia perawatan air kolam ke dalam kolam renang melalui instalasi inlet. Jenis Chemical Feeder yang biasa dipergunakan :
a. Chemical Dosing Pump
b. Automatic Chlorine Feeder


5. Skimmer Box
Alat ini dipergunakan untuk kolam dengan system sirkulasi Skimmer, fungsinya sebagai titik hisap untuk pompa sirkulasi. Semenjak penempatannya yang disesuaikan dengan muka air kolam, maka kotoran yang mengambang akan turut terhisap melalui alat ini.

6. Inlet
Inlet adalah titik dimana air masuk atau kembali ke dalam kolam.

7. Maindrain
Maindrain pada dasarnya dipergunakan khusus untuk membuang atau menguras air kolam. Namun pada sebagian system kolam yang mempergunakan system sirkulasi overflow, maindrain dipergunakan pula sebagai titik hisap untuk pompa-pompa fitur kolam seperti air mancur dan lain-lain.


KIMIA AIR KOLAM

Performa kejernihan air kolam tidak semata-mata tergantung pada system sirkulasi. Dalam air dapat muncul bakteri atau tumbuhan kecil yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan pengguna kolam renang dan tidak dapat tersaring oleh filter. Oleh sebab itu, air kolam perlu dilakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu dengan kadar tertentu. Bahan kimia yang biasa dipergunakan antara lain :

1. Kaporit
Bahan kimia ini dipergunakan untuk menahan atau mencegah timbulnya lumut atau bakteri
2. Soda Ash
Bahan kimia ini berfungsi untuk menaikkan kadar pH air kolam
3. Tawas
Bahan kimia ini dipergunakan untuk mengendapkan partikel-partikel pengotor air kolam yang tidak tersaring oleh Filter.
4. Dan bahan-bahan kimia lain seperti Asam Klorida, PAC, dan lain-lain.


DIAGRAM SISTEM SIRKULASI OVER FLOW

DIAGRAM SISTEM SIRKULASI SKIMMER



 


Pool Drain Systems


Kita sudah melihat bahwa air di kolam renang perlu beredar melalui sistem penyaringan, untuk menghilangkan kotoran dan puing-puing. Selama operasi normal, air mengalir ke sistem penyaringan melalui dua atau lebih utama mengalir di bagian bawah kolam renang dan beberapa skimmer mengalir di sekitar bagian atas kolam renang.Utama saluran air biasanya terletak pada titik terendah di kolam renang, sehingga miring seluruh kolam permukaan ke arah mereka. Sebagian besar kotoran dan puing-puing yang tenggelam keluar dari kolam renang melalui saluran air. Untuk mencegah orang mendapatkan rambut mereka atau anggota badan terjebak dalam pipa, saluran air hampir selalu ditutupi dengan Grates atau sampul antivortex (penutup yang mengalihkan aliran air untuk mencegah pusaran berbahaya dari pembentukan).




 The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



The return port A typical vacuum port A pool vacuum cleaner



Port kembali Sebuah port khas vakum Sebuah vacuum cleaner kolam renang
Para skimmer menimba air dengan cara yang sama sebagai utama saluran air, tapi mereka mengisap hanya dari bagian paling atas dari kolam (kedelapan atas inci, biasanya). Setiap puing-puing yang mengapung - daun, suntan oil, rambut - meninggalkan kolam renang melalui saluran air. Diagram di bawah ini menunjukkan sistem umum.Dalam sistem yang dijelaskan di sini, bendung mengambang, pintu di lorong inlet, ayunan masuk dan keluar untuk membiarkan volume yang sangat kecil dari air pada suatu waktu. Untuk menangkap puing-puing efektif, tujuannya adalah untuk skim hanya tingkat permukaan. Air mengalir melalui keranjang saringan, yang menangkap setiap puing-puing yang lebih besar, seperti ranting dan daun. Selain inlet utama, sistem skimmer memiliki garis equalizer sekunder yang mengarah ke saluran bawah tingkat permukaan. Baris ini membuat skimmer dari menggambar udara ke dalam sistem pompa jika tingkat air turun di bawah tingkat inlet utama.Air dipompa melalui sistem penyaringan dan kembali keluar untuk kembali, katup inlet sekitar sisi kolam renang. Sistem ini melibatkan banyak hisap, tetapi jika kolam dibangun dan dioperasikan dengan benar, hampir tidak ada risiko seseorang hisap memegang terhadap salah satu dari saluran air. Satu-satunya cara sistem pipa bisa menerapkan semacam hisap adalah jika hanya ada satu saluran terbuka. Dalam kolam yang aman, selalu ada beberapa saluran utama serta beberapa saluran skimmer, jadi jika seseorang atau sesuatu blok satu saluran, sistem pompa akan menarik air dari salah satu saluran air lainnya. Ini menghilangkan hisap pada saluran diblokir.Sebagian besar kolam renang juga memiliki beberapa port vakum, yang hanya digunakan dalam pembersihan kolam renang. Port ini melampirkan pembersih vakum kolam renang, yang bekerja seperti pembersih vakum biasa kecuali bahwa mereka menyedot air bukan udara. Port vakum mungkin memiliki sistem sendiri memompa, tapi di kolam kebanyakan mereka didorong oleh pompa utama.Setelah membuat jalan ke
berbagai saluran air , air mengalir ke tahap penyaringan. Pada bagian berikutnya, kita akan mencari tahu apa sistem pemompaan dan penyaringan telah sempurna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTACT

Direktur: Maidy
  0812-1025-1069Marketing Manager: Fauzi
  0813-1889-3311

General Marketing : Suroso
  0821-2304-5178

Office: Jl. Raya Grogol No. 80F, DepokTelp: 021-7720-6416Email: ganeshapool@yahoo.com

Penjualan Obat Tablet Kolam Renang Murah

Penjualan Obat Tablet Kolam Renang Murah Penjualan Obat Tablet Kolam Renang Murah di wilayah Jabodetabek. kami Ganesha Pool menyediakan dan menjual Obat Tablet untuk kolam renang dengan harga terjangkau dan kompetitif. penggunaan obat tablet kolam renang sesuai takaran akan menghasilkan air kolam renang yang jernih dan bening. tidak meninggalkan ampas atau endapan di lantai kolam renang.


Kadar Obat Tablet Kolam Renang Kadar obat tablet kolam renang memiliki 90% kadar chlorine. ini adalah kadar tertinggi untuk jenis obat kaporit kolam renang. kadar yang di bawah 90% adalah 70% , 65% dan 60%.  penggunaan obat ini harus melalui takaran yang sesuai hasil dari kadar teskit. jika penggunaan secara asal akan menimbulkan warna air berubah dan bisa jadi keruh. 
Anda susah Dan bingung mencari obat kolam renang yang murah? kami adalah solusi terbaik, silahkan menghubungi kontak kami untuk info lebih lanjut. WA. 081318893311